4.MANAJEMEN,ORGANISASI DAN TATA KERJA
Organisasi
Sebuah organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang saling
berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai
tujuan bersama. Atau bila ingin lebih spesifik lagi, organisasi dapat
diartikan sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang
saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya
berfungsi untuk mengerjakan tugasnya masing-masing, dan utamanya lagi
kesatuan tersebut mempunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat
dipisahkan secara tegas dari lingkungan sekitarnya (Lubis dan Martin
1989).
Pengertian Organisasi secara statis yaitu merupakan suatu wadah kerja
sama untuk sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dan
pengertian secara dinamis dari organisasi adalah sebuah sistem atau
kegiatan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Sebuah
organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek
seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan
eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi
bisa dianggap baik jika organisasi tersebut dapat diakui keberadaanya
oleh masyarakat yang berada disekitarnya, yang dikarenakan dapat
memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat tersebut.
Organisasi menurut para ahli:
– James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan
untuk mengejar tujuan bersama.
– Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan sosial
yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relative
terus-menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok
tujuan.
– Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu
sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Organisasi dan Manajemen
Pada manajemen terdapat sederetan fungsi-fungsi tradisional yang
dibutuhkan oleh organisasi untuk menjamin organisasi yang bersangkutan
berjalan dengan baik dan lancer. Yaitu Perencanaan, Pengorganisasian,
Pengarahan, Pengendalian, dan Evaluasi. Fungsi perencanaan mencakup
perumusan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam sebuah
organisasi, serta mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
Fungsi pengorganisasian adalah memadukan orang-orang dan tugas-tugas
mereka dalam suatu struktur yang terencana. Jika organisasi tumbuh dan
menjadi semakin menjadi besar, kebutuhan akan pengarahan akan muncul
pula. Oleh sebab itu fungsi pengendalian perlu diberlakukan juga. Fungsi
ini agar menjaga organisasi tetap berjalan pada jalurnya dan untuk
mencegah kesalahan yang akan terjadi. Dan akhirnya fungsi evaluasi
dibutuhkan untuk menentukan tercapai atau tidaknya tujuan sebuah
organisasi.
Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja
Tata Kerja atau metode adalah satu cara bagaimana sumber-sumber dan
waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan tepat
sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan baik dan
tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses
kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis.
Beberapa fungsi Tata Kerja adalah:
– Menghindari terjadinya pemborosan waktu yang tersedia
– Menghindari hambatan dalam proses pencapaian tujuan
– Menjamin adanya pembagian waktu kerja dan koordinasi yang tepat.
Manajemen menjelaskan bahwa harus ada proses kegiatan dan penggunaan
sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya
tujuan. Kemudian tata Kerja menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu
harus dilakukan sesuai dengan sumber daya yang tersedia.
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi,
manajemen, dan tata kerja berkaitan satu sama lain. Manajemen adalah
proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Untuk melaksanakannya diperlukan organisasi sebagai wadah atau alat
untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk mengetahui bagaimana
kegiatan kerja sama tersebut sebaiknya dilakukan, dibutuhkan Tata Kerja
atau metode untuk mencapainya dengan efisien dan tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar